NARKOBA ITU SANGAT BERBAHAYA !!!!!

Posting ini di maksudkan agar kita semua mengethui betapa bahayanya NARKOBA!!

Menurut MITOS banyak orang bilang penggunaan narkoba (ganja) sekli-kali tidak akan menyebabkan ketagihan. Ganja adalah "safe drug" (narkoba yang aman) karena bersal dari tanaman/herbal dibanding dengan putauw dan shabu. Tapi menurut KENYATAAN kebanyakan pecandu berat narkoba memulai dengan ganja.

Menurut MITOS yang lain sekedar coba-coba menggunakan narkoba itu tidaklah berbahaya. Tapi menurut KENYATAANNYA semua jenis narkoba berbahaya!! narkoba dapat menyebabkan kerusakan fisik dan perubahan psikologi bagi pemakainya, pengunaan narkoba yang berkepanjangan dapat mengarah kepada kecanduan. Tidak ada cara teraman untuk menggunakan narkoba.


Dibawah ini merupakan berbagai jenis narkoba dengan penjelasan dan efek yang ditimbulkanya.

HEROIN
Heroin adalah obat terlarang yang sangat keras dengan zat adiktif yang tinggi dan berbenuk butiran, tepung, ataupun cairan.
Heriub (kata lain dari heroin) "menjerat" pemakainya dengan cepat, baik secara fisik maupun mental, sehingga mengurangi usaha pemakaianya menimbulkan rasa sakit dan kejang-kejang bila konsumsinya dihentikan.
Gejala-gejala dari suatu usaha untuk berhenti memakainya adalah rasa sakit disertai kejang-kejang, kram di perut disertai rasa ingin pingsan (sawan), mengigil disertai muntah-muntah (sama seperti gejala penyakit DBD yang sudah parah), keluar ingus, mata berair, hilang nafsu makan, dan kehilangan cairan tubuh. Salah satu jenis heroin yang terkenl saat ini adalah "putauw". Putauw adalah heroin dengan kadar yang lebih rendah (heroin kelas 5 atau 6) yang berwarna putih.
Nama-nama lain yang di kenal ialah : Putauw, putih, bedak PT, white, etep, dll.


GANJA/CANNABIS
Cannabis/Ganja mengakibatkan ganguan mental yang di ikuti oleh kecanduan fisih dalam jangka waktu yang sangat lama.
Cannabis/Ganja mengandung zat kimia (delta-9tetrahydrocan-nabinol) yang mempengaruhi perasaan, penglihatan, dan pendengaran.
Efek-efek yang ditimbulkan Cannabis/Ganja adalah hilangnya konsentrasi, peningkatan denyut jantung, kehilanagn keseimbangan dan koordinasi tubuh, rasa gelisah dan panik, depresi, kebingungan atau halusinasi.
Nama-nama lain yang di kenal ialah : marijuana, gele, cimeng, ganja,  hash, kangkung, oyen, ikat, bang, labang, rumput atau grass, dll.




ECSTASY
Ecstasy merupakan zat psikotropika dan biaasanya diproduksi secara ilegal di dalam laboratorium dan dibuat dalam bentuk tablet atau kapsul.
Ecstasy mendorong tubuh anda bekerja diluar batas kemampuan fisik, akibatnya kekeringan cairan tubuh dapat terjadi oleh sebab pengerahan tenaga yang tinggi dan lama. Beberapa pengguna/pengkonsumsi ecstasy meninggal dunia karena terlalu banyak minum air akibat rasa haus yang berlebihan.
Efek yang di timbulkan ecstasy ialah diare, rasa haus yang berlebihan, hiperaktif, sakit kepala dan pusing, mengigil yang tidak terkontrol, detak jantung yang cepat dan sering mual disertai muntah-muntah atau hilangnya nafsu makan.
Nama-nama lain yang di kenal ialah : inex, I, kancing, dll.




ICE (SHABU-SHABU)
Ice adalah julukan untuk methaphetamine. Ice berwujud kristal dan tidak berbau serta tidak berwarna karena itu diberi nama "ice".
Ice memiliki efek yang sangat kuat pada jaringan saraf. Pengguna ice akan menjadi tergantung secara mental pada obat ini dan pemakaian yang lama dapat menyebabkan peradangan pada otot hati atau bahkan kematian.
Efek yang ditimbulkan oleh ice adalah penurunan berat badan, impotensi, sawan yang parah, halusinasi, kerusakan hati dan ginjal, kerusakan jantung, stroke dan bahkan kematian.
Nama-nama lain yang di kenal ialah : kristal, ubas, ss, mecin, dll.




AMPHETAMIN (STIMULANT SINTESIS)
Amphetamin adalah obat terlarang yang berbentuk pil, kapsul, tepung. Amphetamin adalah "pendorong" stimulant yang mengubah suasana hati. Satu tipe amphetamin memiliki efek perangsang yang sangat kuat pada jaringan syaraf, pengunanya sering menjadi tergantung pada obat ini secara mental. Tingkah laku yang kasar dan aneh sering dijumpai dikalangan pemakai yang kronis.
Efek yang ditimbulkan oleh penggunan amphetamin adalah penurunan berat badan, gelisah, penampilan seperti kurang tidur, tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak beraturan, paranoid yang mendalam, pingsan akibat kelelahan.
Nama-nama lain yang di kenal ialah : Amphet, ectasy, speed, whiz, billywhizz, pep, pills, dll.






Sekarang kita tau bahwa Narkoba Itu Sangat Berbahaya!!!!!! Efek yang ditimbulkanya sama saja dengan menyiksa/menganiaya diri kita sendiri sampai mati!! Mulai dari detik ini kita harus menghapus atau melupakan keingintahuan rasa narkoba, kita juga harus menghapus atau melupakan keinginan untuk mencoba karena dari mencobalah  kita dapat terjerat oleh narkoba dan janganlah sekali-kali narkoba menjadi pelarian dari kebosanan dan kegetiran hidup. Narkoba bukanlah gaya hidup atau trend!! Maka siapkanlah mental baja kita untuk menghadapi pergaulan sehingga kita mampu menolak narkoba dengan tegas.

Semoga posting ini ada manfaatnya bagi yang membaca AMIEN...!!!



Sumber : Buklet majalah VARIA PIA ARDHYA GARINI edisi 27/Juli 2003
Semua gambar di ambil dari google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar